10 JENIS MAKANAN YANG SUDAH SEHARUSNYA ANDA HINDARI

Ketika anda mencoba untuk menjalani pola hidup yang sehat, terkadang mengetahui makanan apa yang buruk bagi tubuh anda adalah sama pentingnya dengan mengetahu makanan apa yang harus anda makan. Namun sayang seribu sayang, terdapat berbagai jenis makanan yang tidak sehat di luar sana, dan beberapanya bahkan memiliki resiko besar apabila dikonsumsi.

Berikut ini adalah 1- jenis makanan yang sudah seharusnya anda hindari bahkan jangan pernah mengkonsumsinya jika anda menginginkan hidup yang sehat, diantaranya adalah :

1. Margarin

Karena didasarkan pada lemak nabati daripada lemak hewani, margarin memiliki reputasi yang sangat meyakinkan untuk menjadikan orang “langsing” atau “sehat” seperti di iklan sehingga banyak orang yang lebih memilih mentega. Lantas apa masalahnya?

Minyak nabati yang terdapat didalam margarin telah terhidrogenasi sehingga mereka akan tetap padat menyesuaikan temperatur ruangan, ini berarti mereka kaya akan lemak jenuh. Lemak jenuh sangat berbahaya karena mereka dapat menyebabkan penumpukan kolesterol jahat dalam pembuluh arteri dan ini akan menyebabkan resiko serangan jantung serta stroke.

2. Daging Olahan

Hot Dog dan sandwich Swiss sudah seperti makanan pokok masyarakat Amerika di abad modern ini, kedua makanan ini dapat dengan mudah ditemui di sudut-sudut jalan. Tetapi ada alasan kuat yang menjelaskan mengapa mereka bisa berada didalam daftar ini, kedua makanan ini merupakan makanan yang buruk bagi tubuh anda.

Daging olahan mungkin memiliki rasa yang cukup baik, tetapi mereka tidak baik untuk anda konsumsi. Saya paparkan sebuah fakta disini, sebuah studi keluar tepat di tahun ini yang menghubungkan peningkatan konsumsi daging olahan dengan peningkatan resiko untuk kanker usus besar.

Sayangnya, hal ini tidak hanya mencakup makanan-makanan seperti hot dog dan sandwich saja, tetapi makanan seperti daging, sosis, bacon dan produk olahan lainnya juga termasuk.

3. Minuman Bersoda

Selain air putih, minuman bersoda (dalam kelompok) merupakan minuman paling populer di Amerika Serikat. Namun para generasi Coca Cola harus selalu berhati-hati karena jumlah gula yang tinggi (biasanya dalam bentuk sirup jagung fruktosa tinggi) didalam minuman ini dapat menyebabkan masalah yang cukup serius.

Minuman ini dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh dari waktu ke waktu, ini bisa berarti masalah seperti resistensi dalam insulin yang akhirnya dapat berubah menjadi penyakit diabetes. Dan mereka juga akan membuat lingkar pinggang anda semakin membesar.

4. Pemanis Buatan

Hampir setiap produk berlabel “diet”, “langsing” atau “bebas gula” akan memiliki beberapa bentuk pemanis buatan seperti sukralosa atau aspartam. Namun sayang, seringkali banyak orang yang mencoba untuk mencapai tujuan penurunan berat badannya selalu membeli produk-produk tersebut tetapi fakta sebenarnya adalah semua pemanis ini telah dikaitkan dengan peningkatan gula darah dan bahkan masalah yang lebih serius lagi.

Seperti peningkatan resiko diabetes, obesitas dan tekanan darah yang tinggi. Akan lebih baik jika anda menggunakan gula biasa dalam jumlah yang sedikit atau jika ingin lebih baik lagi, anda tidak perlu menggunakan gula sama sekali.

5. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng seperti kentang goreng, ayam goreng dan sejenisnya adalah makanan klasik ala Amerika, apa yang akan terjadi jika semua restoran di Amerika tidak menyediakan makanan yang digoreng? Pastinya akan terdengar aneh bukan?

Namun sayang, dibalik kelezatan yang ditawarkan, mereka mengandung formula yang cukup keras untuk tubuh anda. Mereka memiliki banyak kadar lemak jenuh yang dapat mendatangkan masalah serius seperti penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

6. Microwave Popcorn

Para keluarga yang berasal dari seluruh Amerika kerap meringkuk di sofa untuk menonton film di malam hari sembari menyantap microwave popcorn. Benar sekali, banyak perusahaan di luar sana yang menawarkan “makanan ringan” ini di tempat-tempat hiburan.

Mereka mengolahnya dengan menggunakan sedikit lemak atau sodium dan tidak terlihat bermasalah sebenarnya. Masalah utamanya terdapat pada lapisan kantong popcorn itu sendiri. Hal ini berisi bahan kimia yang disebut asam perfluorooctanoic (PFOA) yang telah dikaitkan dengan sejumlah penyakit berbahaya dan mematikan seperti gangguan kelenjar tiroid, kanker dan penyakit paru-paru.

7. Makanan Kaleng

Makanan kaleng, entah itu sup tomat, kacang-kacangan atau sayuran. Makanan kaleng merupakan makanan pokok dan pola diet negara Amerika, mereka sangat nyaman dengan makanan kaleng tersebut. Namun, lapisan didalam kaleng ternyata mengandung senyawa yang disebut Bisphenol A atau BPA yang dapat larut ke dalam produk makanan kaleng tersebut. BPA diduga dapat mengganggu kadar hormone dan menyebabkan masalah seperti pubertas dini dan obesitas.

8. Mie Instant

Mie instant adalah makanan tradisional yang murah meriah dan merupakan makanan pokok bagi mahasiswa di seluruh negeri, tetapi mie instant bukanlah termasuk makanan yang sehat. Mereka sarat dengan kalori, memberikan nutrisi sangat sedikit serta memiliki kandungan natrium yang sangat tinggi.

Apabila mengkonsumsi natrium dalam jumlah yang sangat banyak maka akan memicu peningkatan tekanan darah yang pada akhirnya menyebabkan resiko utama untuk serangan jantung dan stroke. Mengkonsumsi mie telah dikaitkan dengan peningkatan kolesterol dan masalah kesehatan lainnya.

9. Roti Tawar

Siapa yang tidak mengenal Wonder Bread? Oke, bagi yang tidak mengenalnya maka saya akan memberikan sedikit penjelasan sederhana tentangnya. Wonder Bread adalah sandwich yang selalu dikonsumsi orang Amerika setiap harinya atau mereka selalu membawanya sebagai bekal di sekolah.

Namun sayang, roti tawar juga dinyatakan sebagai makanan yang harus dihindari. Hal itu dikarenakan gandum yang terdapat didalam roti tawar terbuat dari bahan yang telah dilucuti dari kuman dan dedak, roti tawar hampir tidak memiliki kandungan nutrisi, oleh karena itu mereka pun ditambahkan artifisial. Hal ini juga dikaitkan dengan sejumlah isu-isu seperti gula darah yang tinggi, peningkatan berat badan dan meningkatkan penyakit diabetes.

10. Produk Kedelai

Sama seperti margarin, produk kedelai memiliki reputasi untuk memberikan kesehatan dan merupakan makanan pokok bagi yang ingin diet atau melakukan vegetarian serta orang-orang yang sadar akan kesehatan. Namun ternyata, mereka memiliki senyawa yang disebut dengan isoflavon yang seperti hormon estrogen manusia dan dapat menyebabkan masalah tingkat kesuburan dan reproduksi, pubertas, pertumbuhan dan perkembangan anak kecil.

Sekarang anda sudah mengetahui 10 jenis makanan yang buruk bagi tubuh anda. Ya, banyak dari makanan ini dianggap makanan klasik Amerika tetapi resiko kesehatan yang ditawarkan tidak layak untuk masuk kedalam program diet anda.

Anda harus melihat sebaliknya, jika anda menginginkan alternatif yang lebih sehat maka anda harus mengkonsumsi makanan organik seperti mentega nabati dan bukan margarin, ataupun roti gandum dan bukan roti tawar. Makan makanan seperti ini jauh lebih lezat dan lebih baik untuk tubuh anda.

Tetapkan tujuan yang sehat untuk anda sendiri.

“Tanpa kesehatan yang baik akan sulit untuk menikmati indahnya hidup. Jadi saya akan terus menjaga diri dan menjadi orang yang mencintai kesehatan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *